Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

Yang Ada_Yang Terbaik

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Dari Abdullah bin Ubaid bin Umair rohimullahu menceritakan,"Jabir r.a datang kepadaku bersama rombongan sahabat Nabi Saw. Lalu Jabir r.a. Menghidangkan pada mereka roti dan cuka,dan berkata, "Silahkan makan!  Sesungguhnya aku mendengar Rosuulullah Saw bersabda, "Sebaik-baik lauk adalah cuka". Celakalah seseorang yang apabila kedatangan saudaranya kerumahnya,ia merasa hina untuk menghidangkan kepada mereka apa yang ada di dalam rumahnya,dan binasalah orang orang yang menganggap hina apa yang ia hidangkan pada mereka (tamu tamunya).

Diriwayatkan juga bahwa sangatlah buruk bagi seorang yang ia menganggap hina apa yang ia hidangkan kepada tamunya.(Hr.Ahmad,Tabrani dalam ausath). 

Diriwayatkan juga oleh Abu Ya'la,tetapi ia berkata, "Cukuplah seorang dianggap buruk bila ia merasa hina apa yang di dekatnya." Dalam isnad Abu Ya'la terdapat Abu Tholib AlQaash dan saya tidak mengenalnya.

Sedang para perawi Abu Ya'la yang lainnya bisa dipercaya. Dalam AlHASYIYAH disebutkan bahwa Abu Tholib AlQAASH ialah Yahya bin Ya'qub bin Mudrik,dan ia tsiqot-Majma'us Zawaa'id VIII/328).


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين