Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

ADAB ANAK KEPADA KE 2 ORANGTUANYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Tata tertib kepada orang tua / adabnya :

@ Diantara Keutamaan orang tua :

** Ridlo Allah tergantung pada ridlo orangtua,murka Allah tergantung pada murka orangtua.(Tirmidzi)

** Amal yang paling disukai Allah adalah : 1). Shalat tepat pada waktunya, 2). Berbakti pada orangtua, 3). Berjuang dijalan Allah. Dan berbakti pada ke 2 orangtua dengan sebaik baiknya,nilainya sama dengan jihad dijalan Allah.(Bukhori,Muslim)

** Bersopan santun pada ke 2 orangtua adalah perbuatan yang sangat dicintai Allah Swt.(Muslim)

** Barang siapa bersyukur pada Allah,tapi tidak bersyukur pada ke 2 orangtuanya,maka syukurnya pada Allah tidak diterima.(Abu Laits Samarqondi )

** Orangtua adalah penyebab kita masuk surga atau neraka.(Ibnu Majah)

** Urutan dalam berbakti adalah : Pertama pada Ibu,lalu ayah,lalu saudara wanita,saudara laki2,dan kerabat dekat.(Bukhori,Muslim,Tirmidzi)

** Hendaknya memperlakukan dengan baik saudara wanita ibu (bibi). Mereka sama kedudukanya dengan Ibu kandung.(Tirmidzi)

@ KEWAJIBAN ANAK TERHADAP ORANGTUANYA

** wajib berbakti pada ke 2 orangtuanya. Jika tidak,berarti ia telah durhaka. Dan perbuatan durhaka adalah sifat syetan.(Maryam:14-44). Tetap wajib berbakti pada ke 2 nya meskipun keduanya berbuat aniaya terhadap kita.(Baihaqi).

** Bertambah umur orangtua,hendaknya lebih diperhatikan lagi oleh anaknya.(Al isro;23)

** Tidak dianjurkan menaati orangtua,apabila mereka melarang dari menunaikan kewajiban.(Alghozali).¤ Misal melarang menuntut ilmu,shalat wajib,dsb.

** Sebaiknya jangan bepergian tanpa ijin orangtua,dalam mengerjakan sunnah.(Alghozali).¤Misal beribadah haji sunnah.

** Surga itu berada dibawah telapak kaki ibu.(Nasai,Ibnu Majah).¤ Sebaiknya memenuhi dulu panggilan ibu,jika ia memanggilnya,meskipun sedang shalat.(Tirmidzi). Sebagaimana kisah Juraiz.

** Anak wajib menafkahi orangtuanya yang telah udzur.(Asysyafii,Abu Dawud)

** Wajib mengembirakan orangtua,sebagaimana menggembiakan dirinya. Dan jauhkan segala yang dibenci orang tua sebagaimana menjauhkan dirinya dari apa yang dibencinya.(Abu Laits Samarqandi)

** Jika ayah memerintahkan anaknya agar menceraikan istrinya (dg alasan jelas),maka anak hendaknya menceraikanya walau ia sangat mencintainya. Itu termasuk berbakti sama ayah.(Abu Dawud)

** Anak hendaknya mengajak orangtua ke jalan yang benar,dan mengingatkanya jika mereka berbuat munkar .(Maryam:45)

@ LARANGAN ANAK TERHADAP ORANGTUA

** haram mengucapkan 'ah',dan atau segala ucapan yang tidak baik dan tidak sopan yang menyebabkan orangtua tersinggung. Juga membentak,memarahi atau bersuara keras pada orangtua. Tiap anak harus merendahkan diri terhadap orangtuanya.(Al Isro':23)

** Haram mendurhakai orangtua,karena termasuk dosa besar.(Tirmidzi). Pendurhaka orang tua tidak akan bahagia.(Abu Laits Samarqandi)

** Haram menyia2kan orangtua,sebab mereka itu pintu masuk surga.(Tirmidzi).

** Haram mencaci ayah orang lain,yang berarti mencaci ayahnya sendiri.(Tirmidzi)

** Jangan memanggil orangtua dengan namanya. Panggilah dengan sebutan hormat dan sayang,seperti Abah,abi,ummi,ayah,ibu,dsb.(Alghozali)

** Orang yang tidak mengakui ayah kandungnya,haram baginya masuk surga.(Muttafaqun 'alaih)

** Jangan berbicara didepan orangtua tanpa ijin mereka. Dan jangan berjalan didepanya,berjalanlah dibelakangnya,sebagaimana seorang budak berjalan dibelakang tuanya.(Farkad As Siryi)

** Jangan bersumpah atas nama ke 2 orangtua.(Nasai)

** Jangan malas dan bermuka masam melayani orangtua. Hendaknya melayani mereka yang memerlukan bantuan dengan kasih sayang,karena mereka telah membesarkan kita dengan susah payah.(Abu Laits Samarqandi).

@ MENDOAKAN ORANG TUA

** Tiap anak hendaknya selalu mendoakan orangtuanya. Minimal dengan doa :

ROBBIGHFIRLII WA LIWAALIDAYYA WARHAMHUMA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIRON.

Artinya: "Wahai Tuhanku,kasihanilah mereka berdua,sebagaimana mereka berdua telah mendidiku ketika kecil."(Al isro : 23)

** Mendoakan orang tua 5 x sehari,berarti menunaikan hak keduanya.(Abu Laits Samarqandi)

** Tidak mendoakan orangtua berarti mempersempit rizqi si anak itu sendiri.(Abu Laits Samarqandi)

** Sesungguhnya doa anak sholeh dapat meninggikan derajat kedua orangtuanya disurga kelak.(Ibnu Majah)

** Hendaknya selalu minta didoakan oleh orangtua. Doa orangtua terhadap anaknya termasuk doa yang dikabulkan oleh Allah.(Tirmidzi)

@ JIKA ORANGTUA TELAH TIADA

** Jika kita pernah berbuat tidak baik pada ibu,kemudian ia meninggal dunia maka berbuat baiklah dengan saudara ibu (bibi/paman) adalah jalan untuk bertaubat dari perbuatan yang telah lalu.(Tirmidzi)

** Berbuat baik pada orangtua,walau telah tiada,adalah dengan : 1). Mendoakan rahmat bagi keduanya. 2). Memohonkan ampun atas dosa2 keduanya. 3). Melaksanakan janji yang belum dilaksanakanya. 4). Menyambung silahturahmi pada sahabat bapak.(Abu Dawud)

** Dianjurkan bersedekah untuk kedua orangtua yang wafat,karena dapat menyenangkan keduanya,walau telah tiada.(Abu Laits Samarqandi)

*%*


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين