Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB 9 BAGIAN 1 - DOA DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab Doa dan Adabnya ;

## Sesering mungkin berdoa kepada Allah. Lebih sering berdoa,kan lebih disukai oleh Allah Swt.(Alqur'an,Thabrani).* Orang yang tak senang berdoa,seolah olah ia menyakini atas kemampuan diri sendiri tanpa bersandar kepada Allah. Orang seperti ini,adalah orang yang sombong atas diri sendiri.
## Hendaknya berdoa sambil mengangkat tangan dengan telapk tangan terbuka keatas.(Bukhori,Muslim,Tirmidzi,Abu Dawud,Hakim).*Jangan berdoa dengan punggung tangan menghadap keatas,kecuali pada shalat Istisqo dan minta dijauhkan dari bala.(Abu Dawud,Thabrani,Baihaqi,Ibnu Majah).

## Dianjurkan berdoa dengan menghadap ke kiblat.(Tirmidzi,Thabrani)
## Sunnah memulai doa dengan memuji Allah,lalu bershalawat ke atas Rosulullah Saw.(Abu Dawud,Tirmidzi,Ibnu Hibban,Baihaqi,Hakim)

## Berdoa hanya untuk hal yang dihalalkan oleh Agama. Jangan ada keragu raguan. Apabila ada prasangka bahwa Allah tidak akan mengabulkan doa kita,maka Allah tidak akan mengabulkanya. Karena Allah bergantung pada sangkaan hamba Nya.(Tirmidzi,Hakim)

## Hendaknya menangis ketika berdoa. Jika tidak bisa menangis,bepura pura untuk menangis.(Baihaqi)

## Tiap doa boleh diulang sampai 3x. Dan diakhiri dengan "AMIN" yang berarti:"KABULKANLAH,YA ALLAH". Jika berdoa dengan berjamaah,maka salah seorang berdoa dan yang lainya mengaminkanya.(Abu Dawud).* yang berdoa dan yang mengaminkanya akan mendapat ganjaran yang sama.Dan disunnahkan mengamini doa kita walau berdoa sendirian.(Ibnu Adi)

## Disunnahkan mengusapkan tangan ke mukah setelah selesai berdoa.(Abu Dawud,Thabrani,Ibnu Majah)

## Rosulullah Saw biasa berdoa dengan mendahulukan dirinya sendiri,kemudian untuk orang lain.(Tirmidzi,Ibnu Hibban,Ahmad,Hakim)

## Sebelum berdoa pastikan bahwa apa yang dibadan kita adalah halal. Allah Swt tidak menerima doa seseorang yang pada dirinya,baik makanan,minuman,dan pakaian dari cara yang haram.(Muslim)

## Jangan berdoa dengan suara terlalu keras atau berlebihan. Hendaknya berdoa dengan suara yang merendah dan bertawadlu kepada Allah.(Alqur'an)

## Berdoa harus dengan penuh keyakinan dan kesungguhan. Tidak boleh berdoa dengan berkata,"Kalau Engkau mau,Ya Allah." Hal itu menunjukan ketidaksungguhan dalam berdoa.(Bukhori,Muslim,Ahmad,Nasai)

## Bila belum diterima oleh Allah,hendaknya kita mengakui bahwa doa kita sudah diijabah oleh Allah Swt,dengan mengatakan ;

SUBHAANALLADZII BINI'MATIHI,TATIMMUSH SHOOLIHAATI.

Artinya:"Maha suci Allah dengan segala nikmatNYA menyempurakan orang orang yang sholeh."(Baihaqi)

## Bila doa kita belum diijabah,maka ucapkan :

ALHAMDU LILLAHI MIN KULLI HAALI.

Artinya : "Segala puji bagi Allah dari segala keadaan."(Baihaqi)

## Hendaknya selalu minta maaf dan afiat kepada Allah.(Abu Dawud,Ibnu Majah, Tirmidzi)

## Hendaknya selalu berdoa meminta Surga. Dan jika meminta Surga,mintalah Surga Firdaus. Barang siapa meminta Surga 3x,maka Surga akan mengatakan," Ya Allah,masukkanlah ia ke dalam surga." 3x. Dan Neraka berkata,"Ya Allah,jauhkanlah ia dari Neraka!."(Hakim,Nasai)
## Sunnah memulai doa dengan menyebut Asmaul Husna. Rosulullah Saw sering berkata,"Yaa Hayyu ,Yaa Qoyyuum."(Tirmidzi)

## Hendaklah berdoa dengan doa yang pernah dibaca dan diajarkan oleh Nabi Saw. Atau doa yang terdapat dalam Alqur'an. Dan tidak boleh berdoa minta kematian.(Bukhori,Muslim,Nasai)

## Hendaknya memahami arti doa kita. Jangan berdoa dengan doa yang tidak tahu maksudnya. Boleh berdoa dengan menggunakan bahasa masing2 agar dapat memahami arti doanya.(Abu Dawud,Ibnu Majah)

## Lebih baik berdoa dengan kat2 yang ringkas,tapi bermakna dalam dan luas.(Bukhori).* Seperti doa minta kebaikan dunia akhirat. Itu adalah salah 1 doa yang ringkas dan luas maknanya.

## Berdoa tetap harus díiringi dengan usaha untuk memperoleh hasil doa kita.

## Disunnahkan berdoa ketika mendengar ayam berkokok,karena ia melhat malaikat. Dan disunnahkan membaca ta'wudz ketika mendengar anjing atau ringkikan keledai,karena ia melhat Syetan.(Bukhori)

LANJUT KE BAGIAN 2...


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين