Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB HARI JUMAAT DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab Hari Juma'at Adabnya :

## Pada hari Jumaat telah terjadi 5 peristiwa penting,yaitu ;
1). Allah menciptakan Adam manusia pertama. 2). Allah mengusir Adam dari Surga ke bumi. 3). Allah mematikan Adam. 4). Ada 1 saat yang apabila hamba meminta kepadaNYA pasti akan dikabulkan oleh Allah asal pada waktu tersebut. 5). Terjadinya hari Kiamat. (Ahmad,Abu Dawud)

## Shalat Jumaat diwajibkan ke atas tiap muslim. (Aljumuah :9 - Abu Dawud)

## Shalat Jumaat sebaiknya diadakan di 1 masjid dalam 1 kampung.(Bukhori ,Muslim)

## Untuk menghormati hari Jumaat,kita sebaiknya mulai persiapan senja hari Kamis,seperti >memotong kuku,rambut dsb. (Bukhori)

## Disunnahkan mandi pada hari Jumaat.(Bukhori).* Salah 1 hak Allah dari hambanNYA adalah mandi semingga sekali yaitu pada hari Jumaat.

## Disunnahkan agar banyak memperbanyak bersiwak,memotong kuku,merapikan rambut dan berwangi wangian pada hari Jumaat serta memakai pakaian yang terbaik pada hari Jumaat.(Bukhori,Bazzar).* Jumaat adalah hari Raya umat muslimin,sebagaimana hari raya umat Yahudi pada hari Sabtu dan Nasrani hari Ahad. Dan sebaiknya pakaian gamis warna putih.(Tirmidzi).
## SARAT DIADAKAN SHALAT JUM'AT adalah :
1). Pada waktu Dhuhur, 2). Lingkungan kampung, 3). Minimal berjumlah 40 orang.(Baihaqi,Abu Dawud)

## Pada Shalat Shubuh hari Jumaat,imam disunnahkan membaca surat Assajadah dirokaat pertama dan Alinsan dirokaat kedua.(Bukhori)
## Hendaknya segera kemasjid untuk shalat Jumaat. Allah menugasi malaikat khusus pada hari Jumaat menunggu dipintu masjid untuk mencatat siapa yang lebih dulu tiba dimasjid dan yang tiba kemudian. Barang siapa lebih dulu pergi ke masjid pada hari Jumaat,berpahala lebih besar.(Bukhori).

## Sebaiknya pergi kemasjid untuk shalat Jumaat dengan berjalan kaki. Setiap langkah menuju shalat Jumaat mendpatkan pahala setahun puasa.(Bukhori).* Dengan berjalan kaki,pahala puasa akan lebih banyak didapatkan. Hal itu apabila memungkinkan untuk jalan kaki.
## Sambil menunggu Imam,dianjurkan makmum shalat sunnah Intizhar sampai imam datang.(Ahmad)
## Jangan berbicara ketika khutbah berlangsung. Berbicar ketika khutbah menghapuskan pahala Jumaat. Termasuk mengatakan "Diam" kepada orang lain yang bicara. Hendaknya mendengarkan khutbah dengan khusu,walaupun tidak mengerti.(Bukhori).
## Jika disebut nama Nabi Saw,hendaknya bershalawat dalam hati.
## Sunnah berdoa dalam hati diantara 2 khutbah tanpa mengangkat tangan. Berdoa diantara 2 khutbah adalah diantara waktu terkabulnya doa pada hari Jumaat.(Bukhori)

## Sunnah membaca surat Al A'la dirokaat pertama shalat Jumaat dan Al Ghosyiah dirokaat kedua.

## Sunnah membaca surat Alkahfi pada hari Jumaat,diantara pahalanya adalah :
1). Diampunkan dosa seminggu yang lalu.2). Diselamatkan dari gangguan Dajjal.3). Diterangi cahaya hingga Jumaat depan.4). Akan diiringi 70 ribu malaikat.5). Dijauhkan dari penyakit 'Dabibah'.(Imam Nawawi)
## Disunnahkan memperbanyak shalawat atas Nabi Saw pada hari Jumaat. Barangsiapa membaca 80 x shalawat,setelah ashar pada hari Jumaat,sebelum berdiri dari tempat shalatnya,akan mendapat pahala 80 tahun beribadah dan 80 tahun dosanya dimaafkan oleh Allah,yaitu shalawat :

ALLAHUMMA SHOLLI 'ALAA MUHAMMADIN NABIYYIL UMIYYI WA 'ALAA AALIHI WA SHAHBIHI AJMA'IIN.

"Semoga Allah limpahkan shalawat keatas Muhammad (Saw) Nabi yang Umi dan ke atas keluarganya serta para sahabatnya semua."(Abu Dawud)

## Jangan berpergian jauh pada hari Jumaat setelah adzan. Hal itu dianggap seolah olah sengaja meninggalkan shalat Jumaat.

## Boleh berpuasa pada hari Jumaat,jika diiringi pada hari Kamis atau Sabtunya.(Bukhori,Muslim)

## Barangsiapa meninggalkan 3 x shalat Jumaat berturut turut dengan sengaja tanpa udzur syar'i,maka hilanglah ke Islamanya.(Imam 5).* Dan barangsiapa meninggalkan shalat Jumaat,Allah akan menutup hatinya dan ia akan tergolong sebagai orang orang yang lalai.(Muslim)

## Tidak ada shalat Dhuhur pada hari Jumaat.

## Disunnahkan memperbanyak doa pada hari Jumaat.(Bukhori,Muslim).* Saat saat terkabulnya doa pada hari Jumaat,ialah ;
1). Setelah shalat shubuh sampai Isyroq, 2). Ketika matahari tepat diatas kepala kita. 3). Ketika khotib sedang menaiki mimbar. 4). Diantara 2 khutbah. 5). Ketika khotib turun dari mimbar. 6). Setelah shalat Jumaat. 7). Setelah shalat Ashar sampai menjelang Maghrib.

## Jangan memisahkan tempat duduk diantara 2 orang. Dan jangan menempati tempat duduk orang lain.(Abu Dawud,Nasai,Ahmad) .

## Sunnah menunaikan shalat Tahìyyatul masjid,walau khutbah sudah dimulai.(Imam 5)

## Jika mengantuk ketika mendengarkan khutbah,maka disunnahkan untuk berpindah tempat duduknya.(Abu Dawud,Tirmidzi)

## Yang tidak diwajibkan melaksanakan shalat Jumaat :
1). Hamba sahaya. 2). Wanita. 3). Anak kecil. 4). Orang sakit.(Abu Dawud)

Sampai disini !


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين