Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

SHALAT JENAZAH DAN ISTIKHOROH

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bagian 4 bab shalat sunnah dan adabnya.

>>> SHALAT JENAZAH

## Shalat sunnah jenazah adalah shalat untuk mayit muslim yang meninggal dunia.(Bukhori,Muslim).
## Cara pelaksanaanya : Bertakbir 4 x,tanpa ruku dan sujud.(Nasai).
>>> SHALAT SUNNAH ISTIKHOROH

## Shalat sunnah 2 rokaat untuk menentukan salah 1 pilihan.(Bukhori,Muslim,Ahmad).* Keutamaanya ; Tidak akan merugi orang yang beristikhoroh,dan takan menyesal orang yang bermusyawaroh.(Tabroni).
## Jika ada masalah sebaiknya beristikhoroh sebanyak 7x,kemudian akan terasa dalam hati,pilihan yang baik untuk kita.(Ibnu Sunni)

## Ketika shalat istikhoroh disunnahkan berdoa ;

ALLAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA,WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA,WA AS ALUKA MIN FADLIKAL 'ADHIIM. FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIR,WA TA'LAMU WA LAA A'LAM,WA ANTA 'ALLAMUL GHUYUUB. ALLAHUMMA IN KUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATU AMRII,FAQDUR LII WA YASSIRHU LÍI,TSUMMA BAARIK LII FIIHI,WA IN KUNTA TA'LAMU HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQOBATU AMRII FASHRIFHU 'ANNII FASHRIFNII 'ANHU. WAQDUR LIIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMARDLINII BIHI.
Artinya: "Ya Allah,aku memohon pilihan menurut pengetahuanMU,juga aku memohon karuniaMU yang besar,sebab sesungguhnya Engkaulah yang berkuasa dan aku tidak berkuasa.Engkau Maha Tahu dan aku tidak tahu,dan Engkau Maha tahu segala yang ghoib.Ya Allah,jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (...sebutkan urusanya...) adalah baik untuku,dalam agamaku,dan kehidupanku,dan akibat urusan ini,maka tentukanlah ia bagiku,dan mudahkanlah ia,dan berkatilah aku didalamnya.Dan Ya Allah,jika Engkau mengetahui urusan ini buruk bagiku,dalam agamaku dan kehidupanku,dan akibatnya,maka jauhkanlah aku darinya,dan jauhkanlah ia dariku.Tentukan bagiku kebaikan mana saja,kemudian ridloilah aku dengannya."(Bukhori,Muslim).
BERLANJUT KEBAGIAN 5 -->


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين