Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB 28 ,PERGAULAN SESAMA MUSLIM DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab 28,Pergaulan Sesama Muslim dan Adabnya :

@ Sesungguhnya sesama muslim itu bersaudara.(Alqur'an).* Walau tidak ada hubungan keluarga,bahasa,daerah,adat,tapi karena 1 iman,sesama mukmin itu bersaudara tidak hanya didunia,tapi juga diakherat. Itulah persaudaraan sejati.

@ Diwajibkan tolong menolong dalam kebaikan,misal membantu dalam materi. Dan tolong menolong dalam ketakwaan,misal mendorong dan mengingatkan atas iman dan amal agama.(Alqur'an)

@ Seorang mukmin sejati hendaknya bersifat mendahulukan kepentingan orang lain atas dirinya. Inilah sifat sahabat ra yang terkenal. (Alqur'an)

@ Seorang mukmin hendaknya menasehati jika ia dimintai nasehat. Dan wajib mecintai sesama muslim,sebagaimana kita mencintai diri sendiri.(Muttafaqun 'alaih)

@ Hak muslim atas muslim lainnya adalah : Menjawab salam,menengoknya jika sakit,mengantar jenazah,mendoakan jika bersin,dan memenuhi undanganya.(Muttafaqun 'alaih)

@ Hendaknya menghormati yang tua dan menyayangi yang muda.(Abu Dawud,Tirmidzi)

@ Hendaknya segera menunaikan hajat sesama muslim.(Bukhori,Baihaqi).* Menunaikan hajat sesama muslim,berpahala 10 tahun i'tikaf dimasjid. Barangsiapa beri'tikaf semalam dimasjid,akan dijauhkan dari neraka sejauh jarak antara langit dan bumi.(Thabrani).

@ Hendaknya saling mengunjungi sesama muslim dan membantu orang yang ingin membantu saudaranya semuslim. Itu tanda kasih sayang dan usaha menghidupkan lingkungan yang baik.(Muslim,Baihaqi,Thabrani)

@ Hendaknya ikut gembira jika orang lain mendapat kesenangan,walau kita sendiri tidak mendapat manfaat apapun dari kesenanganya.

@ Wajib menolong sesama muslim yang didholimi oleh orang kafir.(Muslim)

@ Hendaknya sederhana dalam mencitai dan membenci seseorang. Jika mencintai tidak berlebihan juga membenci pun tidak berlebihan,semata mata karena Allah.

@ Hendaknya menanamkan rasa malu dalam diri. Malu adalah sebagian dari Iman. Orang yang tidak ada rasa malu,bisa berbuat apa saja.(Tirmidzi)

@ Hendaknya selalu memaafkan kesalahan diantara mukmin.(Alqur'an-Bukhori,Thabrani).* Dan wajib selalu menutupi aib sesama mukmin. Menutupi aib seorang mukmin sama dengan menyelamatkan anak yang akan dikubur hidup2.(Abu Dawud,Baihaqi,Thabrani)

>>> LARANGAN TERHADAP SESAMA MUSLIM

@ Jangan sekali kali menyusahkan orang mukmin. Baik perasaanya,badanya dan pikiranya.(Muslim,Thabrani)

@ Jangan membuat takut/terkejut sesama muslim. Nabi Saw sangat marah ketika sahabatnya mengejutkan sahabatnya yang lain,walau sekedar bergurau.(Muslim,Abu Dawud,Thabrani)

@ Jangan meremehkan sesama muslim,walau pada dhohirnya lebih rendah,tapi dalam hati mereka ada kalimat tauhid yang mulia.(Muslim,Ibnu Sa'ad,Ibnu Majah)

@ Jangan membuat marah orang lain. Dan jangan menghujat serta membenci/menghina seorang mukmin yang berbuat salah. Jangan bertanya dengan menuntut :"Mengapa kamu berbuat salah seperti ini?",Menghinanya berarti membantu syetan. Jika seorang mukmin berbuat salah,hendaknya kita memohon ampun dan rahmat untuknya.(Bukhori,Baihaqi,Muslim)
@ Menghina sesama muslim sangat dilarang Alqur'an. Barangsiap meremehkan larangan Alqur'an berarti menghina Alqur'an.(Abu Nu'aim)

@ Haram memata matai kesalahan seorang mukmin.(Alqur'an-Thabrani)

@ Jangan membicarakan aib orang mukmin,jika bukan untuk ishlah (perbaikan),itu adalah ghibah.(Bukhori)

@ Jangan mendendam atas kesalahan orang lain.(Muslim,Ahmad)

@ Jika dibenci oleh seseorang,sunnah bertanya"Apa salahku?".(Ibnu Mundzir)

@ Jika bertengkar dengan seseorang,disunnahkan agar segera menyatakan sayang kepadanya.(Thabrani)

@ Jangan memutuskan hubungan sesama muslim lebih 3 hari.(Bukhori)

***


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين