Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB 29,MASUK PASAR DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab 29,Masuk Pasar dan Adabnya :

@ Memasuki pasar disunnahkan dengan doa :

LAA ILAAHA ILLALLAHU WAHDAHU LAA SYARIIKA LAHU. LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU YUHYII WA YUMIITU WA HUWA 'ALAA KULLI SYAIIN QODIIR.

"Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa. Tiada sekutu bagiNYA. BagiNYA segala kerajaan,dan bagiNYA segala pujian. Dan Dia berkuasa atas segala sesuatu."

Barangsiapa membacanya,Allah akan memberinya ribuan kebaikan dan menghapuskan darinya ribuan keburukan dan mengangkatnya ribuan derajat.(Tirmidzi)
@ Kemudian disunnahkan doa :

ALLAHUMMA INNII ASALUKA KHOIRO HAADZAAS SUUQI WA KHOIRO MAA FIIHAA,WA A'UUDZU BIKA MIN SYARRIHA WA SYARRI MAA FIIHA. ALLAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA AN USHIIBA FIIHA YAMIINAN FAAJIROTAN AU SHOFQOTAN KHOOSIROTAN.

"Ya Allah,sesungguhnya aku memohon dariMU kebaikan pasar ini, dan kebaikan didalamnya. Dan aku berlindung padaMU dari kejahatannya dan kejahatan yang ada didalamnya. Ya Allah,sesungguhnya aku berlindung dari tertimpa sumpah palsu jual beli yang rugi didalamnya."(Thabrani)

@ Dipasar,hendaknya menjaga mata dari yang diharamkan agama.(Alqur'an)

@ Tidak boleh berteriak teriak didalam pasar.(Thabrani).* Walau dalam berdagang.

@ Jangan berlama lama dalam pasar. Pasar adalah tempat syetan berkumpul.(Dailami).* Oleh sebab itu,sepulang dari pasar dianjurkan baca sekurang kurangnya 10 ayat Alqur'an.(Thabrani)

***


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين