Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB HARI RAYA DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab Hari Raya dan Adabnya :

## Disunnahkan memakai pakaian yang terbaik. Namun bukan berarti pakaian yang baru,setidaknya pakaian yang terlihat baik dan suci. (Bukhori)
## Rosulullah Saw sendiri mempunyai pakaian kusus yang dikenakan hanya pada har Raya.(Ahmad)

## Sunnah menyantap makanan sebelum pergi untuk shalat Idul Fitri.(Bukhori,Tirmidzi).* Karena sebelumnya sudah puasa sebulan penuh,maka pada hari Idul Fitri hendaknya makan atau minum dulu sebelum shalat menandakan bahwa pada hari itu kita tidak puasa. Nabi Saw biasa makan beberapa kurma dengan ganjil sebelum shalat idul Fitri.(Bukhori)

## Dan disunnahkan agar tidak makan apapun sebelum melaksanakan shalat idul Adha.(Tirmidzi,Ibnu Majah,Ahmad)

## Shalat hari Raya boleh dilaksanakan tanpa menggunakan mimbar.(Bukhori)

## Tidak adzan dan iqomat pada shalat hari Raya. Dan tidak ada shalat qobliah dan ba'diyah hari Raya.(Bukhori)

## Sunnah ada khutbah setelah sholat Hari Raya.(Bukhori)

## Sunnah memendekan shalat hari Raya dan memanjangkan khotbah serta memperbanyak takbir.(Ibnu Majah).* Disunnahkan takbir dengan suara keras.(Bukhori)

## Hendaknya menyegerakan shalat idul Adha dan melambatkan shalat idul Fitri.

## Dianjurkan bersedekah setelah shalat hari Raya. Biasanya Nabi Saw setelah turun dari khotbah ditemani oleh Bilal ra,langsung membuka sorbannya untuk menerima sedekah dari para sahabat. (Bukhori)

## Makruh membawa senjata pada hari Raya,apalagi terhunus.(Bukhori)

## Wanita yang haid dianjurkan datang ke tempat shalat hari Raya dan ikut bertakbir namun ditempatkan terpisah. (Bukhori,Muslim,Abu Dawud).* Dan khotib disunnahkan memberi nasihat kusus bagi kaum wanita setelah khutbah hari Raya.(Bukhori)

## Imam hari Raya hendaknya memakai satir atau penghalang.(Bukhori).* Sebab,shalat dilapangan terbuka tidak ada dinding dihadapan. Penghalang bagi Imam sudah mencukupi untuk seluruh jamaah.

## Sunnah membaca surat Al A'la dirokaat pertama,dan Al Ghosyiah dirokaat ke 2 pada shalat hari Raya. Nabi Saw pun pernah membaca surat Qof dan 'Iqtarobatis sa'ah.(Jamaah,kecuali Bukhori)

## Sebaiknya berjalan menuju tempat shalat hari Raya melalui jalan yang tidak biasa dilewati. Dan pergi pulang melalui jalan yang berbeda. (Bukhori).* Asalkan aman .

***


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين