Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB KURBAN DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab Kurban dan Adabnya :

## Dalil disyariatkan kurban,"Maka,dirikanlah shalat karena Tuhanmu,dan sembelihlah kurban."(Alkautsar :2)

## Allah juga berfirman,"Dan bagi tiap tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan(kurban),supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang dikaruniakan Allah pada mereka." (Alhajj : 34)

## Orang yang disyariatkan untuk berkorban,adalah :
1). Islam, 2). Baligh dan berakal, 3). Mampu.

>> HEWAN YANG SAH UNTUK BERKORBAN

## kurban yang paling utama adlah unta,kemudian sapi,kemudian kambing. Unta dan sapi untuk 7 orang,dan kambing untuk 1 orang.(Muslim)
## Unta disyariatkan telah masuk tahun ke 6. Sapi dan kambing telah masuk tahun ke 3. Dan domba telah masuk umur 2 tahun,atau telah gugur gi2 depanya.

## Sebaik baiknya kurban ialah yang telah gugur gigi2 depanya.(Ahmad)

## Selamat dari ca2t yang mengakibatkan berkurang dagingnya. Ada 4 hewan ca2t yang tak sah untuk berkorban, 1). Binatang celak yang nyata celak matanya, 2). Binatang sakit yang nyata sakitnya, 3). Binatang pincang dan nyata pincangnya, 4). Binatang kurus yang tak bersungsum.(Tirmidzi,Abu Dawud)

>> WAKTU BERKORBAN

#. waktu berkurban dimulai sesudah terbit matahari pada hari raya Idul Adha,sampai terbenam matahari pada hari Tasyrik yang terakhir. Hari Tasyrik ialah tgl 11,12 dan 13 Dzulhijah. Semua hari Tasyrik adalah hari penyembelihan. (Ibnu Hibban)

## Jika menyembelih sebelum waktu tersebut,maka itu hanyalah daging hidangan biasa dan bukan termasuk ibadah.(Bukhori,Muslim)

>>> SUNNAH-SUNNAHDAN ADAB BERKURBAN

## apabila masuk hari ke 10 dari bulan dzulhijah,dan ada niat untuk berkurban,maka disunnahkan agar jangan menghilangkan sedikitpun dari rambut dan kukunya sampai kurban terlaksana.(Muslim)

## Disunnahkan agar menyembelih sendiri hewan kurbanya. Jika tidak,karena ada udzur/lainya,hendaklah ia menyaksikan penyembelihanya.

## Sunnah bagi pemerintah atau Imam kaum muslimin untuk berkurban dengan mengambil biayanya dari Baitulmal untuk seluruh kaum muslimin. Nabi Saw mengurbankan seekor domba,seraya mengucapkan ketika menyembelihnya,"Dengan menyebut nama Allah,Ya Allah,terimalah dari Muhammad,keluarganya Muhammad dan umat Muhammad."(Muslim)
## Boleh dimakan sebagianya dan dianjurkan memberi makan pada orang yang bukan peminta minta juga peminta minta.(Alhajj :36)

## Jangan menjual kulit hewan kurbanya,hingga tak sah kurbanya.(Baihaqi)
***


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين