Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB PAKAIAN_BERHIAS DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab Pakaian,Berhias dan Adabnya :

@ Diperintahkan agar berpakaian dengan baik. Sesungguhnya Allah Swt,tidak menyukai yang kotor dan jorok.(Abu Dawud)
@ Sunnah memakai pakaian warna putih. Nabi Saw suka pakaian yang putih.(Tirmidzi,Ibnu Majah)

@ Mulai pakaian dengan memasukan tangan kanan dahulu,lalu tangan kiri. Begitupun jika memakai alas kaki.(Bukhori,Muslim,Tirmidzi)

@ Boleh pakai sarung / celana,asal tidak sampai dibawah mata kaki. Sarung/celan yang lebih dari mata kaki bagian untuk neraka,terutama jika ada sombong didalam hati.(Bukhori,Muslim,Ibnu Majah)

@ Nabi Saw senang pakai jubah/kurtah (gamis lengan panjang sampai pergelangan tangan dan tidak berkrah). Beliau pernah berpakaian warna merah,hitam,dan putih,tapi lebih menyukai warna putih dari katun.(Tirmidzi).* Yang penting sederhana. Nabi Saw mengkususkan pakaian bagus ketikan hari raya,jumaa,dan menghadap tamu.(Nasai)
@ Ketika pakaian disunnahkan doa :

ALHAMDULILLAHIL LADZII KASAANII HAADZAA WA ROZAQONIIHI MIN GHOIRI HAULIN MINNII WA LAA QUWWATIN.

artinya" Segala puji bagi Allah yang telah memberiku pakaian ini,dan memberikannya kepadaku sebagai rizqi,bukan kekuatan dan upaya dariku."
@ Apabila memakai baju baru,disunnahkan doa :
ALLAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA KASAUTANIIHI AS ALUKA KHOIROHU WA KHOIRO MAA SHUNI'A LAHU WA A'UUDZU BIKA MIN SYARRIHI WA SYARRI MAA SHUNI'A LAHU.

Artinya : " Ya Allah bagiMU segala pujian. Engkaulah yang memakaikanya kepadaku. Aku mohon dariMU kebaikan pakaian ini dan kebaikan dari apa dibuat baginya dan aku berlindung kepadaMU dari kejahamtannya dan kejahatan dari apa yang dibuat darinya."
@ Sunnah memakai topi dan bersorban. Sorban Nabi Saw punya ujung yang jatuh kepundaknya.(Muslim,Tirmidzi).* Beliau pernah memasuki kota Mekah bersorban hitam.(Bukhori,Tirmidzi)
@ Pada musim dingin boleh pakai kaos kaki dari kulit (khuf).(Tirmidzi)

@ Sandal Nabi Saw punya tali sandal yang bercabang 2.(Bukhori,Muslim,Tirmidzi,Nasai)

@ Sebaiknya memakai dan melepas sandal/sepatu tidak dengan berdiri. Dan melepas sandal/sepatu hendaknya dengan tangan kiri. Melepaskan mulai dari kaki kiri,dan memakainya dengan kaki kanan.(Bukhori)
@ Dilarang hanya memakai sebelah sandal. Hendaknya memakai keduanya atau menanggalkan semuanya.(Bukhori,Muslim,Tirmidzi)

@ Rosulullah Saw memakai selimut bercorak garis2.(Tirmidzi)

@ Aturan pakaian wanita hendaknya:
1). Menutup aurat.(Alqur'an)
2). Tidak tipis.(Bukhori,Muslim,Malik)
3). Tidak membentuk tubuh.(Abu Dawud)
4). Tidak seperti pakaian kafir/musyrik.(Ibnu Majah)
5). Tidak pakai harum2an,kecuali untuk suami.(Thabrani, ahmad)
6). Bukan untuk sombong.(Bukhori,Nasai)
7). Sebaiknya berwarna gelap.(Ibnu Majah).* Ketika pertama x turun ayat hijab,para shahabiah seperti burung2 gagak hitam.

>>> PAKAIAN YANG DILARANG

@ Pakaian yang terbuat dari kulit bangkai,kulit harimau dan binatang buas.(Tirmidzi,Nasai,Ibnu Majah)

@ Pakaian yang sempit dan ketat.(Nasai)

@ Pakaian kesombongan dan kemewahan.(Bukhori,Nasai,Ibnu Majah)

@ Laki2 berpakaian sutra.(Bukhori,Muslim).* Kecuali bagi :
1). Orang yang berpenyakit kulit.(Bukhori,Nasai,Ibnu Majah).
2). Tidak ada lagi kain menutup aurat.(Imam Nawawi).
3). Berpakaian dari kain campuran dengan kadar sutranya jauh lebih sedikit dari kain biasa,seperti rendanya saja.(Muslim)

@ laki2 berpakaian wanita dan sebaliknya.(Bukhori,Nasai,Tirmidzi)

@ Berpakaian meniru niru pakaian Yahudi dan Nasrani.(Ibnu Majah)

@ Pakaian hanya berlengan 1 atau jubah tanpa lengan sama sekali.(Bukhori).* Maksudnya baju panjang tak berlengan,bukan rompi.

@ Pakaian yang dicelup dengan warna.(Tirmidzi)

@ Pakaian yang tidak menutup aurat.(Bukhori,Muslim)

@ Laki2 berpakaian kuning kemerah merahan (pakaian hindu/budha).(Bukhori,Muslim)

>>> BERHIAS :

@ Laki2 haram berhias seperti wanita dan sebaliknya.(Bukhori).* Termasuk dalam masalah anting,cincin,rambut,perhiasan,sandal pakaian dsb.

@ Wanita boleh mengecat kukunya (pakai pacar).(Nasai)

@ Dilarang mencabut,mengerik,atau mencukur bulu alis kemudian diganti dengan alis buatan,merenggangkan dan meruncingkan gigi,serta pakai tahi lalat palsu agak tampak lebih cantik.(Bukhori,Muslim)
@ Disunnahkan pakai celak dimalam hari. Dan bagi wanita dibolehkan hanya untuk suaminya. Dan disunnahkan memakai wewangian bagi laki2,bagi wanita hanya untuk suaminya. Minyak wangi laki2 sebaiknya berbau kerang dan warnanya samar2. Sedangkan minyak wangi wanita berbau lembut dan warnanya gelap.(Abu Dawud)
@ Wanita dilarang menampakan perhiasan emas pada orang lain,kecuali suami dan mahramnya.(Alqur'an).* Neraka bagi wanita yang menampakan perhiasan kalung,gelang,atau anting emasnya pada selain mahramnya.(Nasai)

@ Tidak boleh menghiasi rumah dengan genta,lonceng,gambar dan patung mahluk hidup,serta hiasan apapun yang berbentuk salib. Juga menggunakan tirai/penutup ruangan dari sutra.(Bukhori,Muslim)

>>> CINCIN :

@ Nabi Saw memakai cincin dari perak dengan mata cincin batu Habasyah yang terbuat dari perak juga,tapi tidak boleg meniru memakai cincin yang bertuliskan MUHAMMAD ROSUULULLAH. Cincin ini dikhususkan untuk Rosulullah Saw sebagai cap setempel.(Bukhori,Muslim)

@ Tidak boleh memakai cincin perak lebih batas karatnya,yaitu seberat 1 mitsqol (-+4,5 g).(Tirmidzi,Nasai)
@ Boleh memakai cincin ditangan kanan atau kiri.(Tirmidzi,Nasai).* Tapi jangan dikenakan dijari telunjuk dan jari tengah.(Bukhori,Muslim)

@ Cincin sebaiknya dikenakan dengan batu cincin menghadap ketelapak tangan.(Bukhori)

***


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين