Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB RAMBUT_KUMIS_JANGGUT_KUKU DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab Rambut,Kumis,Janggu,Kuku dan Adabnya :

@ Kebersihan sebagian dari Iman. Terdapat 10 sunnah kebersihan,dan fitrah para Nabi as : Memotong kumis,memotong kuku,memanjangkan jenggot,bersiwak,menghirup air dengan hidung (lalu mengeluarkanya),membersihkan sela2 jari,mencabut bulu ketiak,memotong bulu kemaluan,beristinja dengan air,dan berkumur.(Bukhori)
@ Dianjurkan menjaga keindahan dan kerapihan rambut,tapi dianjurkan agar tidak menyisir rambut terlalu sering.(Abu Dawud).* Disunnahkan menyisir rambut dengan tangan kanan.(Muslim)

@ Dilarang mencukur sebagian rambut dan membiarkan sebagian lainya.(Bukhori,Muslim,Tirmidzi).* Misalnya dijambul,kuncir,dan sejenisnya.

@ Batas rambut terpanjang bagi laki2 sebatas bahu.(Muslim,Tirmidzi,Nasai).* Rambut Nabi Saw lurus antara telinga sebelah kanan lurus ke ketelinga kiri. Laki2 yang berambut lebih sebahu,termasuk menyerupai wanita. Dan wanita yang berambut kurang dari sebahu,termasuk menyerupai laki2.(Bukhori,Muslim,Nasai,Tirmidzi)

@ Dilarang mencabut dan menyemir rambut uban dengan warna hitam. Barangsiapa menyemir dengan warna hitam,tidak akan mencium harumnya Surga.(Muslim,Nasai,Ibnu Majah).* Boleh menyemir rambut atau janggut uban dengan warna merah ataupun biru.(Bukhori,Muslim)
@ Jika rambut dipotong,hendaknya potong semuanya (gundul) atau dipotong bagian belakangnya saja.(Nasai).* Mencukur rambut hendaknya dimulai dari bagian kepala sebelah kanan.
@ Wanita haram berambut dengan model kaum laki2 dan sebaliknya. Wanita boleh berambut pendek,namun haram bagi wanita menggundul rambutnya.(Tirmidzi,Nasai,Abu Dawud)

@ Dilarang menyambung rambut dengan rambut palsu,seperti sanggul ataupun wig. Walaupun rambutnya rontok.(Bukhori,Muslim).* Penggunaan rambut palsu termasuk tindakan penipuan.(Bukhori)

@ Sunnah meminyaki rambut dan janggut untuk merawatnya.(Bukhori,Imam Malik).* Cara meminyaki rambut adalah : Letakkan minyak ditelapak tangan,oleskan dialis kanan 3x dan alis kiri 3x. Kemudian oleskan ke kepala,digosok2 sampai minyaknya masuk pori2.

@ Ditekankan bagi laki2 untuk mencukur kumis dan memanjangkan janggut.(Bukhori,Muslim,Tirmidzi,Ibu Majah).* Janggu boleh dicukur sebatas genggaman tangan.(Bukhori). Allah melarang laki2 menyerupai wanita,dan yang lebih menyerupai wanita bagi laki2 ,jika seorang laki2 mencukur janggutnya.
@ Sunnah menipiskan kumis sampai sebatas bibir atas.(Muslim,Tirmidzi)

@ Sunnah memotong kuku. Kuku yang panjang adalah tempat syetan bersembunyi.(Bukhori,Muslim).* Rosulullah Saw memotong kumis dan kukunya rutin setiap hari jumaat,maka Allah akan menolongnya dari bala bencana dan musibah hingga Jumaat depanya.(Tirmidzi)
@ Urutan memotong kuku jari2 tangan adalah : Mulai dari jari telunjuk kanan,tengah kanan,jari manis kanan,jari kelingking kanan,jari kelingking kiri,jari manis kiri,jari tengah kiri,jari telunjuk kiri,ibu jari kiri, dan terakhir ibu jari kanan. Dan urutan memotong kuku jari2 kaki,ialah : Dari kelingking kanan terus sampai kelingking kiri.(Imam Nawawi).* Jangan sekali kali memotong kuku dengan gigi.

@ Dianjurkan agar memotong bulu kemaluan dan mencabut bulu ketiak,setidaknya 40 hari sekali.

***


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين