Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB UCAPAN_LISAN DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab Ucapan,Lisan dan Adabnya :

## Jangan mengatakan apa yang tidak diketahui. Sangat besar murka Allah Swt pada orang yang mengatakan apa yang tidak dilakukanya.(Alqur'an)

## Tiap perkataan akan dicatat oleh malaikat Rokib dan Atid as.(Alqur'an)

## Kebanyakan manusia masuk neraka disebabkan mulut dan kemaluanya.(Tirmidzi)

## Wajib jujur dalam tiap perbuatan dan pembicaraan. Orang jujur akan mudah menuju surga.(Muslim).
## Hendaknya bertutur kata dengan lembut,walaupun pada penjahat. Orang yang bersikap lembut pada orang lain,Allah akan membalas dengan kelembutan pula. Dan yang bersikap kasar pada orang lain,Allah akan membalasnya dengan kekasaran pula.(Muslim)

## Boleh bersenda gurau,tapi jangan terlalu berlebihan dan jangan ada bohong didalamnya.(Tirmidzi,Ahmad,Thabrani)

## Allah paling benci orang yang berlagak fasih bicara dan yang pintar bersilat lidah.(Abu Dawud,Tirmidzi)

## Hendaklah bicara dengan kata yang mudah dipahami oleh masyarakat umum.(Tirmidzi).* Apabila bicara dengan seseorang,hendaknya memperhatikan tingkat kepahamanya. Sesuaikan pembicaraan dengan pemahaman lawan bicara. Jangan bicara sesuatu yang tidak sesuai dengan tingkat pemahaman mereka,karena dapat menyebabkan kesalahpahaman.
## Malu dan sedikit bicara adalah cabang inan. Banyak omong dan pandai bicara adalah cabang nifak.(Tirmidzi).* Maka jangan mengatakan semua yang kita ketahui. Cukup seseorang itu dikatakan pembohong besar,jika ia selalu mengatakan apa yang ia ketahui.(Muslim,Abu Dawud,Hakim)

## Jangan banyak bertanya mengenai sesuatu yang tidak perlu.(Bukhori,Muslim,Tirmidzi,Abu Dawud).

## Jangan bersuara terlalu keras. Jangan pula bicara terlalu perlahan sehingga tidak terdengar oleh orang lain.(Baihaqi).

## Ketika dapat musibah disunnahkan membaca :

INNAA LILLAHI WA INNAA ILAIHI ROOJI'UUM.

"Sesungguhnya kita milik Allah,dan kita kan kembali kepadaNYA."

Lalu berdoa :

ALLAHUMMA 'INDAKA AHTASIBU MUSHIIBATII FA AJIRNII FIIHI WA ABDILNII MINHA KHOIRON.

"Ya Allah,disisiMU lah aku mengharap pahala dengan sebab musibah (yang menimpaku),maka berikanlah pahala kepadaku didalamnya dang gantikanlah untuku dari sebab musibah itu dengan yang terbaik."(Tirmidzi,Ahmad)

>>> UCAPAN DAN PERKATAAN YANG DILARANG :

## Haram berbohong. Boleh berbohong jika : 1). Dalam peperangan. 2). Agar berdamai antara yang bertengkar. 3). Menjaga keutuhan suami istri.(Muslim)

## Bohong yang terbesar adalah : 1). Mengaku keturunan seseorang,padahal bukan. 2). Mengaku bermimpi sesuatu yang tidak ia impikan. 3). Berbohong dengan mengatasnamakan Nabi Saw.

## Dilarang mencaci sesama muslim. Siapa yang memulai lebih dulu adalah lebih besar dosanya.(Muslim)
## Haram membicarakan aib orang lain. Kalaupun benar,berarti ia telah menghibah. Jika salah,berarti ia telah memfitnah. Sebaliknya wajib menutupi aib sesama muslim. Barangsiapa menutupi aib saudaranya,Allah akan menutupi aibnya diakherat.(Muslim)

## Penebus ghibah ialah istighfar sebanyak banyaknya.(Hakim)
## Jangan sekali kali mengutuk binatang. Binatang yang dikutuk mengjadi benar terkutuk. Dan jangan katakan,"Celaka engkau",dengan nada mengutuk. Orang yang biasa mengutuk tidak akan memberi syafaat dan tidak bisa menjadi saksi diakherat.(Muslim)

## Haram berwajah 2,yaitu kepada A,membicarakan keburukan B dan kepada B membicarakan keburukan A,sehingga terjadi perpecahan diantara A dan B.(Muslim)

## Jangan memanggil > Raja di raja kepada seseorang. Raja di raja hanya Allah Swt.(Bukhori,Muslim)

## Jangan menyebut kepada orang munafik,'Sayyid atau tuan.'(Abu Dawud)

## Haram mengatakan pada seorang muslim,"Hai kafir.." Ucapan itu akan berbalik pada pemanggilnya.(Bukhori,Muslim)

## Jangan menghina sesama muslim.(Bukhori,Muslim).* Setiap mukmin wajib dimuliakan karena didalam hati mereka ada kalimat Laa ilaaha illallah.

## Jangan mengatakan 'Sial aku...'.(Muslim).* Ucapkan tersebut menujukan kita tidak rela atas keputusan Allah dan menunjukan bukan sifat orang beriman.

## Jangan mencaci pembantu dan orang yang sudah mati. Dan jangan memaki angin,hujan,serta halilintar. Itu adalah peringatan Allah bagi kita.(Tirmidzi.)

## Jangan memaki ayam jantan,karena ia biasa membangunkan manusia untuk shalat.(Abu Dawud)

## Jangan menghina tahun.(Muslim)

## Jangan mengatakan,"Akan kukerjakan besok..."seolah olah pasti besok masih hidup. Hendaknya mengucapkan 'Insyaa Allah..'.(Alqur'an)

## Jangan mengatakan mengenai seseorang ,'Dia tidak akan diampuni oleh Allah..,'walaupun ia pendosa besar. Allah sajalah yang berhak mengampuni atau tidak.(Muslim,Thabrani)
## Jangan memanggil pada majikan dengan sebutan:'Robbi,pengasuhku atau pemeliharaku'. Sebutan itu hanya milik Allah Swt. Panggilah dengan sebagai tuanku. Dan jangan memanggil pembantu atau orang bawahan dengan sebutan hambaku. Hanya pada Allah manusia boleh menghambakan dirinya. Panggilah dengan sebutan pembantuku.(Ahmad)

## Jangan menyebut seseorang dengan perkataan,"Hai orang yang suka membujang (tidak nikah2).."(Baihaqi)

## Jangan mengatakan, 'Kalau saja begini,kalau saja begitu..,"ini akan membuat pintu syetan untuk menggoda.(Hakim)

## Jangan mengatakan,'Terserah kamu...,' tapi harus diiringi tambahan ,'Terserah Allah selebihnya terserah kamu..,' atau ,'Menurut kehendak Allah kemudian menurut kehendak kamu,' atau ,'Karena pertolongan Allah,kemudian karena pertolonganmu.'(Abu Dawud)

## Jangan mengucapkan kata2 jorok dan tidak sopan,karena ucapan2 itu akan mengeraskan hati. Keras hati membawa pada dosa,dan dosa membawa ke neraka.(Bukhori,Muslim,Tirmidzi)

## Haram mengatakan,'Mari,aku mau berjudi denganmu..."walaupun bercanda. Jika terucap,kafarahnya adalah dengan bersedekah.(Bukhori,Muslim,Nasai,Tirmidzi)

***


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين