Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB 36_MENJENGUK ORANG SAKIT DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab 36_Menjenguk Orang Sakit dan Adabnya :

@ Keuntungan menjenguk orang sakit adalah :
1. Dijauhkan dari neraka sejauh 70 tahun perjalanan.(Abu Dawud). 2. Apabila menjenguk pada pagi hari,maka 70 ribu malaikat mendoakan ampunan bagi penjenguk sampai sore hari. Dan jika menjenguk sore hari,maka 70 ribu malaikat akan mendoakan ampunan sampai pagi hari.

@ Disunnahkan wudlu dulu sebelum menjenguk orang sakit.(Abu Dawud)

@ Menjenguk orang sakit dengan hati ikhlash karena Allah.* Jangan menjenguk karena mengharap sesuatu selain Allah,misal yang sakit adalah pimpinan kita,hingga menjenguknya karena tak enak padanya.

@ Disunnahkan menjenguk orang sakit dengan berjalan kaki. Bila menjenguk orang sakit,biasanya Nabi Saw tidak mengendarai Unta atau keledainya.(Bukhori,Tirmidzi,Abu Dawud).* Hal ini bergantung pada keadaan.
@ Boleh membesuk non muslim yang sakit.(Bukhori,Nasai,Abu Dawud).* Dengan tujuan dakwah dan mensyiarkan akhlak kita sebagai muslim.

@ Boleh menjenguk orang sakit berkali kali.(Bukhori,Muslim,Nasai)

@ Disunnahkan doa kesembuhan bagi si sakit.(Bukhori).* Doanya :

ALLAHUMMA ROBBAN NAASI,ADZHIBIL BA^SA A ISYFI ANTASY SYAAFII LAA SYIFAA AN ILLAA SYIFAAUKA SYIFAA AN LAA YUGHOODIRU SAQOMAN.

"Hilangkalah penderitaan Wahai Robb manusia,sembuhkanlah. Engkaulah Dzat yang menyembugkan. Tiada kesembuhan kecuali kesembuhanMU. Kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit."

@ Disunnahkan bagi yang menjenguk untuk membaca surat Yasin pada yang sakit parah. Surat Yasin bisa menjadi sebab penyembuh bila dibacakan ke atas orang yang sakit.(Nasai,Ibnu Majah,Abu Dawud)

@ Sebaiknya duduk didekat si sakit dengan menyertakan kesedihan kita atas musibah yang menimpanya.* Tidak baik menengok orang sakit dengan menunjukan rasa senang atas sakitnya,atau tidak memperdulikan sakitnya.

@ Ketika menjenguk orang sakit,jangan lupa untuk menasehati yang sakit agar bersabar dalam menghadapi penderitaannya.(Bukhori,Muslim,Nasai)

@ Sunnah membawakan makanan untuk orang sakit dan keluarganya.(Tirmidzi,Ibnu Majah).* Sangat dianjurkan membantu orang yang ditimpa musibah.

@ Jika membesuk dan tiba waktu shalat,sebaiknya shalat dengan berjamaah.(Bukhori).* Jika memungkinkan shalat berjamaah dilakukan dengan yang sakit,walau ia shalat diatas ranjang / pun berbaring.

@ Yang menengok hendaknya mengucapkan pada si sakit :

LAA BA^SA THOHUURUN IN SYAA ALLAH.

"Tidak mengapa,Insyaa Allah yang kamu alami adalah membersihkan jiwamu."(Bukhori).* Disamping menghibur,sekaligus doa untuknya.

@ Sunnah meletakan tangan diatas dahi orang yang sakit sambil mendoakan kesembuhannya.(Bukhori)

@ Jangan gaduh didekat orang sakit. Si sakit berhak mengusir orang yang menjenguknya,bila ia tidak menyukai kedatanganya.(Bukhori)

@ Boleh membawa anak sakit pada orang shaleh,ulama/pun wali Allah untuk didoakan oleh mereka.(Bukhori).* Diharapkan dengan doa orang shaleh tersebut,permohonan untuk sembuh akan dikabulkan oleh Allah Swt.

***


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين