Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB 39_IKHLASH DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab 39_Ikhlash dan Adabnya :

@ Ikhlash adalah semata mata karena Allah.(Abu Nashr Samarqandi).* Seperti orang yang lari dari binatang buas dan tiada yang menakutkanya selain bintang tersebut. Niatnya murni tanpa campur lainya.(Alghozali)

@ Orang ikhlas itu menyembunyikan kebaikanya,sebagaimana ia menyembunyikan kejelekanya. Dan salah 1 tanda ikhlas ialah,beramal tidak ingin dipuji oleh orang lain.(Abu Laits Samarqandi)

@ Keutamaan Ikhlas ialah : 1). Pahalanya dilipat gandakan,walau sedikit.(Annisa:40). 2). Allah hanya menerima amalan yang ikhlas.(Abu Laits Samarqandi), 3). Dapat berjumpa dengan Allah.(Alkahfi:110), 4). Ikhlas adalah zuhud didunia.(Abu Laits Samarqandi), 5). Allah akan menjadikan diamnya sebagai tafakur dan bicaranya sebagai dzikir.(Abu Laits Samarqandi), 6). Amalan yang Ikhlas,dapat dijadikan tawasul doa.(Bukhori,Muslim)

>>> BAHAYA RIYA DAN SUM'AH

@ Riya adalah berbuat ingin dilihat orang lain.,sedang sum'ah adalah berbuat dengan tujuan kemsyhuran.(Abu Laits Samarqandi)

@ Riya adalah syirik.(Almukmin: 65)

@ Allah akan berlepas diri dari perbuatan yang tidak ikhlas.(Alan'am:78)

@ Orang Riya beribadah dijanjikan neraka weil oleh Allah.(Alma'un:4).* Akan dituntut pada orang yang riya,"Pergilah pada yang kamu beramal karenanya didunia. Lihatlah apakah kamu mendapatkan ganjaran dari mereka?".(Abu Nashr Samarqandi)
@ Amalan orang ikhlas akan ditulis di 'illiyyin. Dan amalan orang tidak ikhlas akan ditulis di sijjin.(Abu Nashr Samarqandi)

@ Ada sebagian amalan yang lebih baik dilakukan sembunyi2,hingga dapat terselamat dari riya.(Alimron:29)

@ Orang riya punya 4 tanda : 1). Malas bila sendirian. 2). Meningkat amalan bila dipuji. 3). Rajin jika ada orang lain. 4). Mengurangi amal bila dicela.(Ali ra)

@ Jika Allah menghendaki kehancuran seseorang,Allah akan menyiksanya dengan 3 hal : 1). Allah memberi ilmu,tapi tidak diamalkan. 2). Memberi kesempatan bergaul dengan orang shaleh,tapi ia tidak memahami hak2 mereka. 3). Memberinya kesempatan amal shaleh,tapi tidak ikhlas mengamalkanya.(Hamid Allafaf)

@ Orang riya akan dipanggil pada hari kiamat dengan 4 panggilan : 1). Hai orang kafir !. 2). Hai orang jahat. 3). Hai penipu. 4). Hai orang yang rugi ! (Abu Nashr Samarqandi)

@ Jangan riya sebelum dan ketika beramal. Setelah beramal,perbanyaklah istghfar,kawatir masih ada riza.(Abu Bakar Alwashiti)

@ Perkataan yang baik dan memberi maaf itu lebih baik dari sedekah yang diiringi menyakiti perasaan penerimanya.(Albaqoroh:263)

***


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين