Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

Bag 5 - Doa-Doa Pagi dan Sore Hari

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab 5 :

11***). "ALLAHUMMA INNII A'UUDZUBIKA MINAL HAMMI WAL HUZNI,WA A'UUDZUBIKA MINAL 'AJZI WAL KASLI,WA A'UUDZUBIKA MINAL BUKHLI WAL JUBNI. WA A'UUDZUBIKA MIN GHOLABATID DAINI WA QOHRIR RIJAALI.

Artinya: "Ya Allah,sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari kesedihan dan gundah gulana. Dan aku berlindung kepadaMU dari kelemahan dan kemalasan. Dan aku berlindung kepadaMU dari ketakutan dan kebakhilan. Dan aku berlindung kepadaMU dari tekanan utang dan kezaliman manusia."
- Pada suatu hari Rosulullah Saw masuk ke masjid,tiba2 beliau melihat seorang Anshar (Abu Umamah). Rosulullah Saw bersabda,"Ya Abu Umamah,mengapakah Engkau disini sekarang,tidak pada waktu shalat?", Jawab Abu Umamah,"Hati saya sedang sangat gundah,ya Rosulullah,karena saya sedang banyak utang." Sabda Nabi Saw,"Maukah saya ajarkan kepadamu suatu doa untuk menghilangkan kegundahan hatimu,dan agar utangmu segera terbayar?", Jawab Abu Umamah,"Baik,ya Rosulullah." Sabda Nabi Saw,"Bacalah dzikir ini tiap pagi dan petang" (lalu beliau membacakan doa diatas). Kemudian Abu Umamah mengajarkan doa itu pada sahabat2 yang lain. Ternyata,Allah menghilangkan kegundahan Abu Umamah,dan utangnya terbayar dalam masa yang tidak lama.(Abu Dawud-Al Adzakar : 38)

12***)."ALLAHUMMA ANTA ROBBII LAA ILAAHA ILLAA ANTA 'ALAIKA TAWAKKALTU,WA ANTA ROBBUL 'ARSYIL 'ADHIM,MAA SYAA ALLAHU KAANA,WA MAA LAM YASYA^ LAM YAKUN LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAHIL 'ALIYYIL 'ADHIMI. A'LAMU ANNALLAHA 'ALAA KULLI SYAIIN QODIIRUN. WA ANNALLAHA QOD AHAATHO BIKULLI SYAIIN 'ILMAN. ALLAHUMMA INNII A'UUDZUBIKA MIN SYARRI NAFSII WA MIN SYARRI KULLI DAABBATIN ANTA AAKHIDZUN BI NAASHIYATIHA INNA ROBBI 'ALAA SHIROOTIM MUSTAQIIMIN.
Artinya:"Ya Allah,Engkaulah Tuhanku. Tiada Tuhan kecuali Engkau. Atas Mu aku bertawakal. Dan Engkau adalah Tuhan Arsy yang besar. Apa yang dikehendaki Allah pasti terjadi,dan apa yang tidak dikehendakiNYA,pasti tidak akan terjadi. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. Aku mengetahui,sesunhuhnya Allah maha Berkuasa atas segala sesuatu,dan sesungguhnya ilmu Allah meliputi segala sesuatu. Ya Allah,aku berlindung kepadaMU dari kejahatan diriku,dan dari kejahatan tiap mahluk yang melata dibumi ini. Engkaulah yang mengendalikanya. Sesungguhnya Tuhanku senantiasa berada di jalan yang lurus."
- Ada seseorang yang datang pada Abu Darda ra,dan berkata,"Hai Abu Darda,aku lihat rumahmu terbakar." Abu Darda,menjawab,"Bukan rumahku,karena aku telah mendengar Rosulullah Saw bersabda,"Barangsiapa membaca doa (doa diatas) pada pagi hari,maka dia akan terhindar dari bencana yang akan menimpa dirinya,keluarganya dan hartanya." Dan aku telah membaca doa itu pada pagi hari ini." Lalu Abu Darda mengajak sahabatnya itu kerumahnya untuk menyaksikan kebakaran itu,ternyata rumah2 disekitar rumah Abu Darda sudah habis terbakar,sedangkan rumah Abu Darda masih terpelihara.
Dan jika dao itu dibaca petang hari,terpelihara pulalah seseorang dari bencana yang mungkin menimpanya pada malam hari.(Ibnu Sunni-Al Adzakar:40)

Lanjut ke bag 6 ->


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين