Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

SABAR_Rela Menerima Keadaan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sabar..? Hidup cuma sekali,lalu apa artinya bersabar. Benarkah sabar adalah kesusahan?,coba renung-renung kata orang-orang "Sabar akan Hancur".

Eumhhm...begitulah bila manusia tak punya sandaran hati pada Zat yang Maha Hidup,sebagai tempat bergantung,berlindung dan meminta. Keyakinan yang benarlah yang selama ini hilang,jadi masalah selama ini kedamaian tak pernah ditemukan. 

إن الله مع الصابرين 

Innallaha ma'ash shoobiriin. 

Artinya: Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. 

Dan bagaimana Sabda Nabi Saw tentang hal ini,kesabaran-seperti contoh sabar dalam kesusahan/kemiskinan/hal yang lain. Tapi seseorang tetap dalam ketaatan pada perintah Allah. 

Dari Abdullah bin Amr r.huma,dari Rosulullah Saw,beliua bersabda,"Tahukah kalian,siapakah yang pertama kali akan masuk surga diantara mahluk-makhluk Allah?"

Para sahabat menjawab,"Allah dan RosulNYA yang lebih mengetahui.

"Beliau bersabda"Yang pertama kali akan masuk surga diantara mahluk Allah adalah orang-orang miskin dari kalangan Muhajirin yang dengan sebab mereka (wilayah islam) dipertahankan dan ketakutan dapat dihindari. Seseorang dari mereka meninggal,sedang keperluannya terpendam dalam dadanya,karena ia tidak mampu memenuhinya. Allah Swt berfirman pada siapa yang dikehendaki pada Malaikat NYA,"Datanglah pada mereka dan berilah salam! 

"Para Malaikat berkata (keheranan),"Wahai Rabb kami !,Kami adalah para penghuni langit dan mahluk pilihanMU,namun mengapa Engkau memerintahkan kami untuk pergi dan mengucapkan salam kepada mereka?." 

Allah berfirman"Mereka adalah hamba-hamba KU yang menyembah AKU dan tidak pernah menyekutukan AKU dengan sesuatu pun. Melalui mereka barisan depan (wilayah perbatasan) dapat dipertahankan dan dengan sebab mereka ketakutan bisa dihindari. Seseorang dari mereka meninggal,sedangkan keperluannya masih terpendam dalam dadanya,karena tidak mampu memenuhinya. 

Nabi Saw,meneruskan sabdanya,"Maka ketika itu para malaikat datang pada mereka dari setiap pintu Surga sambil mengucapkan,"Selamat bagi kalian atas kesabaran kalian. Maka inilah sebaik baik tempat kesudahan."(Hr.Ibnu Hibban.Berkata pentahqiq,"Isnadnya shohih"XVI/438). 

Penderitaan kita belum sebanding,kebutuhan kita yang terpendam karena tak sempat/mampu karena sibuk untuk Agama,tak seberapa. Lalu alasan apa bagi kita untuk tak bersabar? 

 SEMOGA MANFAAT..Aaamiiin ! ('abdu)


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين