Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

Keuntungan Berdzikir Pada Allah

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

DZIKIR

Allah s.w.t berfirman dalam Alqur'an:

وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ.

1. Artinya: Dan sesungguhnys mrngingat Allah adalah lebih besar (keutamaanya dari ibadah-ibadah yang lain) (QS. Ankabut-45).

الَّذِينَ آمَنُواْ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللّهِ أَلاَ بِذِكْرِ اللّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

2. Artinya: (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Maka ingatlah! Bahwasanya hanya mengingat Allah hati menjadi tentram. (QS. Ar-Ra'ad-28)

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ

3. Artinya: Maka ingatlah kalian semua kepada-KU,maka AKU akan mengingat kalian semua. (QS. Albaqoroh-152).

وَمَن يَعْشُ عَن ذِكْرِ الرَّحْمَنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَاناً فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ

4. Artinya: Dan barangsiapa berpaling dari peringatan Allah Yang Maha Pemurah (Alqur'an),maka kami adakan syaitan (yang menyesatkannya) Kemudian syaitan itulah yang teman baginya yang selalu menyertainya. (QS. AZzukhruf-36).

وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيراً وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْراً عَظِيماً

5. Artinya: Laki-laki dan perempuan yang banyak mengingat Allah,Allah telah menydiakan bagi mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. Alazhab-35).

Sebenarnya ayat Alqur'an yang berkenaan dengan dzikrullah sangat banyak sekali.

Dari Sayyidina Abu Huroiroh Ra. Baginda Rosululloh saw bersabda "Allah swt berfirman (dalam hadist qudsi) 'Aku ini menurut sangkaan hamba-KU kepada-KU. Dan AKU akan selalu bersamanya (dengan pertolongan dan Rahmat-KU) selama dia mengingat-KU. Apabila dia mengingat-KU dalam dirinya,maka AKU akan mengingatnya dalam Dzat-KU. Dan apabila dia mengingat-KU dalan suatu perkumpulan,maka AKU akan mengingatnya dalam perkumpulan yang lebih baik dari perkumpulan mereka (perkumpulan para malaikat). Apabila dia mendekati-KU sejengkal,maka AKU akan mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekat k epada-KU sehasta,maka AKU akan mendekat kepadanya sedepa. Apabila dia datang kepada-KU dengan berjalan,maka AKU akan mendatanginya dengan berlari (sesungguhnya Rahmat Allah swt lebih cepat sampai pada seseorang hamba daripada usaha dan amalan hamba itu sendiri). (HR.Bukhori dan Muslim).

Dari Sayyidina Abu Musa Alasy'ari Ra ,Baginda Rosulullah saw bersabda "Perumpamaan orang yang berdikir kepada Tuhannya dan orang yang lalai dari-NYA adalah seperti orang yang hidup dengan orang yang mati. (HR.Bukhori).

Dari Ibu Sayyidina Annas Rhma,beliau berkata,"Wahai Rosulullah,berila wasiat untukku, "Baginda Rosulullah saw bersabda,"Jauhilah maksiat,karena itu adalah hijrah yang paling utama. Jagalah amalan-amalan fardlu,karena itu adalah jihad yang paling utama. Dan perbanyaklah dzikir kepada Allah swt,karena sesungguhnya engkau tidak menghadap kepada Allah swt dengan sesuatu yang lebih di sukai-NYA melebihi memperbanyak dzikrullah." (HR. Thabrani).

Dari Sayyidina Abu Darda Ra,Baginda Rosululloh saw bersabda," Maukah aku beritahukan pada kalian semua,amalan yang paling utama dan paling suci di sisi Tuhan kalian,yang lebih cepat meninggikan derajat kalian,dan lebih baik bagi kalian daripada kalian bertemu dengan musuh-musuh kalian,kemudian kalian berusaha memenggal leher mereka dan mereka pun berusaha memenggal leher kalian?,Para sahabar Rhum pun menjawab,"Tentu, Ya Rosulullah!,Baginda Nabi saw bersabda,"Amalan itu adalah dzikrullah."

Sayyidina Mu'adz Ra berkata,"Tidak suatu amalan yang lebih menjamin keselamatan seseorang dari azab Allah swt melebihi dzikrullah." (HR. Ahmad,Tirmidzi,Ibnu Majah,dan Hakim).

Dari Sayyidina Annas Ra,Baginda Nabi saw bersabda,"Sesungguhnya syaitan selalu meltakan belalainya di atas hati manusia. Apabila dia berdzikir kepada Allah swt,maka syaitan akan mundur. Tetapi apabila dia lalai,maka syaitan akan langsung menelan hatinya. Itulah makna firman Allah swt (Al waswaasil khonnas)." (HR. Abu Ya'la).

Dari Sayyidina Mu'adz bin Jabal Ra,Baginda Rosulullah saw bersabda,"Penghuni Surga sama sekali tidak akan pernah menyesal,kecuali atas waktu-waktu yang telah melewati mereka,sedangkan mereka tidak berdzikir kepada Allah swt." (HR. Thabrani dan Baihaqi).

Dari Sayyidina Abu Hurairoh Ra,Baginda Nabi saw bersabda,"Berusahalah unruk mengenal (mengingat) Allah swt pada waktu longgar (senang),niscaya Allah swt akan menolongmu pada waktu kamu menghadapi kesulitan." (HR. Abul Qosim dan Bisyran).


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين