Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

Qori' Dan Guru Teladan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Ini adalah kisah dari Ubay bin Ka'ab ra dalam mengajar Hadits. Ia adalah seorang sahabat dan salah seorang diantara qoqi' yang sangat terkenal. Ia pandai membaca dan menulis sebelum masuk Islam. Padahal pada umumnya orang Arab waktu itu tidaklah demikian. Setelah masuk Islam ia segera dikenal banyak orang yang sebelumnya ia memang sudah dikenal orang banyak. Ia bertugas mencatat wahyu yang diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi saw. Ia adalah orang yang mahir dalam Al Qur'an dan termasuk orang yang hafal Al Qur'an semasa hidup Nabi saw.

Nabi saw bersabda,"Qori' terbesar ummatku adalah Ubay bin Ka'ab."

Ubay bi La'ab ra biasa mengkhatamkan AL Qur'an setiap 8 malam dalam tahajudnya. Pernah Rosulullah saw bersabda kepada Ubay bin Ka'ab ra,"Allah telah menyuruh-mu membacakan Al Qur'an kepadaku." Ubay ra bertanya,"Ya,Rosulullah saw,apakah Allah swt menyebut namaku?" Jawab beliau,"Ya,Allah menyebut namamu." Mendengar itu ,ia menangis karena gembira bahwa ia telah diberi penghargaan oleh Allah swt.

Jundub bin Abdillah ra berkata,"Aku datang ke Madinah untuk menuntut ilmu. Beberapa ulama sedang mengajarkan hadits di Masjid Nabawi. Setiap murid duduk berkelompok menghadap gurunya masing-masing. Ketika aku melewati kelompok-kelompok tersebut,aku melihat seorang pengajar seperti seorang musafir. Ia hanya memakai 2 helai kain di tubuhnya. Ia duduk sambil mengajarkan hadist-hadits. Aku bertanya pada orang-orang di sana,"Siapakah dia?" Jawab mereka,"Dialah pemimpin kaum muslimin Ubay bin Ka'ab." Aku pun duduk di majelis-nya. Setelah mengajar ia terus pulang ke rumahnya dan aku mengikutinya dari belakang. Di sana aku menjumpai sebuah rumah tua yang sangat sederhana dan sedikit perabotnya. Ia menjalani hidup dengan sangat zuhud."(Thobaqot)

Ubay bin Ka'ab ra berkata,"Pernah Rosulullah saw mengujiku dengan bersabda,"Manakah ayat Al Qur'an yang terbesar 9dari segi berkah dan keutamaannya)?" Aku berkata,"Allah dan Rosul-NYA lebih mengetahui." Nabi saw mengulangi pertanyaan itu. Karena menjaga adab,aku memberikan jawaban yang sama. Kemudian Nabi saw bertanya lagi untuk ke 3 kalinya. Lalu aku jawab,"Ayat Kursy." Nabi saw gembira mendengar jawabanku dan bersabda,"Semoga Allah memberkahi ilmumu."

Ketika Nabi saw sholat dan dalam bacaannya tertinggal 1 ayat,pada saat itu juga (dalam keadaan sholat),beliau diingatkan oleh Ubay bin Ka'ab ra. Setelah selesai sholat,Nabi saw bertanya,"Siapakah yang memberitahuku tadi?" "Aku yang memberitahu ya Rosulullah," kata Ubay ra. Beliau bersabda,"Dalam hatiku,aku menduga engkaulah yang memberitahu." (Musnad Ahmad)

Faedahnya:
Walau pun Ubay bin Ka'ab ra sibuk dengan ilmu dan berkhidmat kepada Al Qur'an,ia selalu ikut berjuang di jalan Allah bersama Nabi saw,sehingga tak ada satu pun peperangan yang diikuti Nabi saw,yang tidak ia setai.

{Hikayat Sahabat}


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين