Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB MASJID DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab Masjid dan Adabnya:

## Dasar utama mendirikan masjid adalah takwa.(Alqur'an).* Barangsiapa mendirikan masjid,Allah akan mendirikan baginya disediakan bangunan seperti itu di Surga.(Muslim)
## Maksud masjid didirikan : 1). Tempat shalat.(Muslim), 2). Tempat dzikir.(Muslim), 3). Tempat tilawat Alqur'an.(Muslim), 4). Tempat majlis agama.(Bukhori,Muslim,Tirmidzi), 5. Tempat ta'lim Alqur'an.(Tirmidzi,Bazzar), 6). Tempat talim masail.(Tabrani), 7). Pusat dakwah Islamiyah.(Bukhori,Muslim,Abu Dawud)

## Masjid hendaknya dibangun ditempat yang dekat dengan masyarakat yang mudah dikunjungi.(Ahmad,Abu Dawud)

## Masjid hendaknya sederhana,tidak terlalu mewah seperti orang Yahudi dan Nasrani yang memperelok gereja.(Abu Dawud).* Abu Darda ra,berkata,"Jika kamu mengukir ukir masjid,maka kehancuran akan menimpamu."

## Berlomba lomba memerindah masjid,mengakibatkan riya dan berbangga diri. Akhirnya jauh dari maksud sebenarnya mendirikan masjid. Sabda Nabi Saw,"Akan datang pada manusia 1 masa,dimana mereka akan berbangga bangga dalam membangun masjid,tetapi mereka tidak meramaikanya,kecuali sebagian kecil saja."(Syahrus Sunnah)

## Jika melihat masjid hendaklah membaca basmallah dan shalawat atas Nabi Saw.(Ahmad,Ibnu Majah)

## Masuk masjid hendaknya mendahulukan kaki kanan dengan niat i'tikaf.(Ibnu Nu'aim,Abu Dawud). Lafadhnya niat i'tikaf ialah :
NAWAITUL I'TIKAFA FII HAADZAAL MASJIDI LILLAHI TA'AALAA.

"Aku berniat i'tikaf didalam masjid ini semata mata karena Allah."

**Caranya: Melepaskan sendal kaki kiri dan diinjak oleh kaki kiri. Kemudian lepaskan sendal kaki kanan dan melangkah masuk.(Imam Nawawi)

## Masuk masjid disunnahkan membaca doa :

ALLAHUMMAFTAHLII ABWAABA ROHMATIKA.

"Ya Allah,bukakanlah untuku pintu rahmatMU."(Abu Dawud,Nasai)

## Keluar masjid hendaknya mendahulukan kaki kiri,dengan baca doa :

ALLAHUMMA INNII ASALUKA MIN FADLLIKA.

"Ya Allah,sesungguhnya aku memohon karuniaMU."(Abu Dawud,Nasai).* Cara : Melangkah keluar dengan kaki kiri dan injak sendal bagian kiri. Kemudian masukan kaki kanan ke sendal kanan,lalu masukan kaki kiri ke sendal kiri. (Imam Nawawi)
## Sunnah memberi wewangian dimasjid.(Nasai)

## Sunnah shalat 2 rokaat Tahyatu masjid ketika masuk masjid sebelum duduk.(Bukhori,Muslim,Tirmidzi).* Kecuali dimsjidil Haram,lebih utama dimulai dengan Thowaf untuk menghormatinya.

## Jika tidak sempat melakukan shalat Tahyyatul Masjid,maka bacalah,"Subhaanallah,wal hamdu lillah wa laa ilaaha illallah wallahu akbar. 4 x.

## Dimasjid hendaknya hidup 4 amalan didalamnya,yaitu : 1). Dakwah.(Bukhori,Muslim), 2). Ta'lim wa ta'lum.(Muslim), 3). Dzikir ibadah.(Muslim), 4). Khidmat..

## Selama dimasjid hendaknya selalu menutup aurat.(Nasai)

## Sebaik baiknya tempat shalat laki laki adalah di masjid dan sebaik baiknya tempat shalat bagi wanita adalah dirumahnya.

## Masyarakat disekitar masjid hendaknya menghormati tamu tamu yang berziarah ke masjidnya,karena mereka adalah tamu Allah Swt.(Abi Syaibah)

>>> HAL HAL YANG DIBOLEHKAN

## Boleh mengeluarkan orang yang membawa bau bauan tidak enak dari masjid.(Nasai)

## Boleh tidur didalam masjid dengan niat i'tikaf.(Bukhori,Muslim)

## Sunnah membuat kemah didalam masjid untuk beri'tikaf pada 10 hari terakhir bulan Romadlon.(Nasai)

## Boleh menjadikan tempat ibadah umat lain sebagai masjid. Dan boleh membongkar kuburan untuk dijadikan masjid.(Nasai).* Maksudnya kuburan dipindahkan ketempat lain untuk dijadikan masjid.

## Boleh tidur,makan,dan minum dimasjid asalkan dengan niat i'tikaf.(Nasai)

>>> HAL HAL YANG TIDAK DIBOLEHKAN

## Tidak boleh menjadikan kuburan sebagai masjid.(Nasai).* Sebelumnya dibongkar(dipindahkan),tempat itu boleh dijadikan masjid.

## Tidak boleh meludah didalam masjid.(Nasai)

## Tidak boleh bersyair dan bernyanyi didalam masjid. Jika mendengar orang bernyanyi didalam masjid,dianjurkan berdoa,"Semoga Allah menghancurkan mulutnya." 3x. (Ibnu Sina,Nasai)

## Tidak Boleh mengadakan jual beli dimasjid. Jika melihat orang berjual beli dimasjid,hendaknya berdoa,"Semoga Allah merugikan perdaganganya."(Tirmidzi,Nasai)

## Tidak boleh mencari barang hilang didalam masjid. Jika melihat orang mencari barang yang hilang didalam masjid,disunnahkan berdoa,"Ya Allah,semoga barangnya tidak ditemukan."(Muslim,Ibnu Majah)

## Tidak boleh membawa senjata terhunus kedalam masjid.(Thabrani,Nasai)
## Masjid tidak boleh dijadikan lintasan lewat.(Bukhori,Muslim)

## Tidak boleh menyatukan pintu masjid untuk wanita dan laki laki. Wanita tidak boleh masukdari pintu laki laki dan sebaliknya.(Abu Dawud)

## Tidak boleh bersuara keras,tertawa,bersenda gurau,berbicara sia sia dan makruh membawa bau bauan yang tidak enak,seperti : bau bawang,rokok,jengkol,pete,dan lainya,ke masjid.(Bukhori,Muslim).* Termasuk jangan buang angin didalam masjid.(Muslim)
## Tidak boleh memotong dan membersihkan kuku,rambut,mengibas kain dengan keras,menyisir rambut dan janggut,atau bersiwak didalam masjid. Perbuatan itu akan mengotori masjid. Dan jika ada kotoran,disunnahkan mengeluarkanya dari masjid.(Abu Dawud)

***


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين