Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB 33_SALAM,IJIN DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab 33_Salam,Ijin dan Adabnya :

@ Sunnah memberi salam pada yang dikenal atau belum dikenal.(Bukhori,Muslim,Nasai).* Menyebarkan salam,berarti menyebarkan kasih sayang.(Muslim,Abu Dawud,Tirmidzi)

@ Memberi salam akan menghilangkan takabur dan sombong.(Baihaqi)

@ Mengucapkan 'Assalaamu'alaikum',mendapat 10 pahala,'Assalaamu'alaikum warohmatullahi wa barokaatuh',mendapat 30 pahala.(Tirmidzi,Nasai)
@ Orang yang lebih utama ialah yang terlebih dahulu memberi salam pada orang lain.(Abu Dawud,Ahmad).* Kecuali pada non muslim.(Muslim)

@ Aturan dalam mengucapkan salam,adalah ; 1. Yang kecil menyalami yang besar. 2. Yang berjalan pada yang duduk. 3. Yang sedikit pada yang banyak. 4. Yang berkendara pada yang jalan. (Bukhori,Muslim)

@ Dianjurkan menjawab salam orang non muslim dengan jawaban 'Wa'alaikum. (Muslim,Nasai,Ibnu Majah)
@ Tidak boleh ucapkan salam dengan ucapan 'Alaikas salam',karena itu salam yang diperlakukan bagi orang mati.(Tirmidzi,Nasai)

@ Tidak boleh memberi salam ala Yahudi dan Nasrani,yaitu dengan melambaikan tangan dan memberi isyarat jari.(Tirmidzi,Dailami)

@ Disukai mencium tangan orang Alim dan terhormat.(Abu Dawud)
@ Tidak boleh menyambut orang yang datang dengan cara kusus bangkit berdiri untuk menyambutnya.(Tirmidzi,Ibnu Majah)

@ Disunnahkan menjawab titipan salam seseorang dengan jawabn 'Alaika wa 'alaihis salam',.(Bukhori,Muslim,Tirmidzi)

@ Disunnahkan memberi salam ketika memasuki rumah dan keluar rumah. Baik dirumah sendiri atau orang lain,walau rumah itu kosong.(Baihaqi).* Masuk rumah dengan salam membawa berkah Allah didalamnya.(Tirmidzi)

@ Dianjurkan mengucapkan salam ketika memasuki majelis dan saat meninggalkanya.(Thabrani,Baihaqi).

@ Hendaknya salam dengan suara keras,hingga cukup terdengar.

@ Menjawab salam adalah wajib,yaitu : "WA 'ALAIKUMUS SALAAM, WA ROHMATULLAHI WA BAROKAATUH".
@ Disunnahkan bagi tuan rumah untuk mengantar tamunya yang akan pulang hingga ke pintu luar rumah.(Ibnu Majah)

@ Jika Rosulullah Saw menyapa seseorang yang tidak diketahui namanya,maka beliau biasanya memanggil dengan sebutan ,'Wahai Ibnu Abdullah..'.

>>> BERJABAT TANGAN

@ Disunnahkan berjabat tangan jika bertemu dengan saudara sesama muslim.(Bukhori). Allah akan mengampuni dosa ke 2 orang muslim yang berjabat tangan sebelum tangan mereka berpisah.(Tirmidzi,Ahmad,Abu Dawud)

@ Disunnahkan juga berangkulan.(Tirmidzi). Para sahabat ra jika berjumpa,mereka akan berjabat tangan. Dan jika pulang dari perjalanan jauh,mereka akan berpelukan.
@ Berjabat tangan hendaknya dengan tangan kanan,bukan tangan kiri,kecuali udzur.(Hakim)

@ Sunnah berjabat tangan sambil doa :

YAGHFIRU LANAA WA LAKUM.

@ Laki2 haram jabat tangan dengan wanita yang bukan mahrom. Begitu pula sebaliknya.(Alqur'an-Thabrani,Ibnu Jarir)

@ Jika berjabat tangan,Rosulullah Saw biasanya menunggu dilepas jabatan tanganya,bukan beliau yang lebih dahulu melepaskan jabatanya.

@ Berjabat tangan tidak cukup dengan bersentuhan 1 jari,tapi disunnahkan saling memegang telapak tangan saudaranya dengan kuat.(Hakim)

>>> MEMASUKI RUMAH ORANG LAIN

@ tidak boleh melihat isi rumah orang lain tanpa seijin pemiliknya.(Bukhori,Muslim)

@ Nabi Saw memerintahkan agar mencukil mata orang yang mengintip rumah orang lain tanpa ijin.(Abu Dawud)

@ Tidak boleh minta ijin hanya dengan mengatakan 'Bolehkah aku masuk?',tapi ijin harus dengan mengucapkan 'Assalaamu'alaikum,bolehkah aku masuk?'.(Tirmidzi,Nasai)

@ Batas minta ijin/salam adalah 3x. Jika setelah 3x ternyata tidak ada jawaban,maka disunnahkan agar kembali.(Bukhori,Muslim)

@ Dianjurkan berdiri disisi pintu,ketika memberi salam atau minta ijin masuk rumah orang lain,jangan didepan pintu.(Bukhori,Muslim,Abu Dawud).* Dikawatirkan bila terbuka akan terliha aurat tuan rumah.

@ Jika di tanya oleh pemilik rumah,'...Siapa?', maka mesti pendatang memberitahu identitas dirinya dengan jelas,jangan hanya jawab dengan ,'..Saya.' (Bukhori,Muslim,Tirmidzi,Nasai)

@ Diharuskan minta ijin masuk ke tempat wanita pada 3 waktu,walau keluarga sendiri,anak kecil,atau pembantu. 3 waktu itu ialah : 1. Sebelum Shubuh, 2. Masa tidur siang, 3. Setelah Isya.(Alqur'an)

***


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين