Anda butuh kitab-kitab kuning atau kitab Islam lainnya kunjungi Toko kitab kuning ini!

BAB 34_SAKIT,BEROBAT DAN ADABNYA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bab 34_Sakit,Berobat dan Adabnya :

@ Sakit adalah penebus dosa dan 1 peringatan dari Allah. Oleh sebab itu jangan mengeluh jika diuji dengan sakit.(Abu Dawud)

@ Orang yang tidak pernah sakit bukan termasuk golongan umat Nabi Saw.(Abu Dawud).* Oleh sebab itu,seharusnya merasa kawatir jika tak pernah sakit. Sakit adalah penebus dosa dan menaikan derajat. Jika tidak pernah sakit kawatir dosa2 kita tidak dihapuskan oleh Allah,dan derajat kita rendh disisi Allah. Walau demikian tak boleh doa minta sakit.

@ Orang yang sudah terbiasa beramal shaleh,lalu sakit,maka pahala amal shalehnya akan terus mengalir,walau ia tidak mengerjakanya.(Bukhori)

@ Semua penyakit berasal dari Allah. Bukan kerena tertular. Jika dikatakan B terkena penyakit sebab tertular dari A,maka dari siapakah A tertular penyakit? jika dijawab A terkena penyakit karena Allah,maka apakah penyakit B bukan dari Ajah?. (Bukhori,Muslim)

@ walau kena penyakit sangat parah,tidak boleh doa kematian,sebaiknya doa :

ALLAHUMMA AHYINII IN KAANATIL HAYAATU KHOIRON LII WA AMITNII IN KAANAL MAUTU KHOIRON LII.

"Ya Allah,berikanlah aku tetap hidup seandainya hidup itu terbaik bagiku. Dan matikanlah aku andai mati itu terbaik bagiku." (Bukhori,Muslim,Tirmidzi,Nasai)
@ Jangan makan sembaranga setelah sembuh dari sakit.(Tirmidzi,Nasai)

@ Orang sakit sebaiknya makan bubur,bubur dapat menghibur orang yang sakit dan mengilangkan kesedihan.(Bukhori)

@ Jangan memaki sakit panas,demam,atau penyakit lainya.(Muslim). Penyakit demam termasuk dari panas Jahanam dan akan mengurangi dosa2 si sakit,maka dinginkan dengan mengompresnya.(Ibnu Majah)

@ Bercelak itu obat dan mencerahkan pandangan mata.(Tirmidzi,Ibnu Majah)

@ Wanita hamil sebaiknya jangan menyusui,karena akan membahayakan kesehatan anak.(Ibnu Majah)

@ Doa yang hendaknya selalu dibaca ketika merasa sakit :

ALLAHUMMA ROBBAN NAASI, ADZHIBIL BA'SAA A ISYFI ANTASY SYAAFII,LAA SYIFAA UN ILLAA SYIFAAUKA SYIFAA AN,LAA YUGHOODIRU SAQOMA.

"Lenyapkanlah kesakitan wahai Robb manusia. Sembuhkanlah,hanya Engkau yang dapat menyembuhkan,tiada kesembuhan kecuali kesembuhan dariMU. Kesembuhan yang tidak menyisakan penyakit."(Abu Dawud,Ibnu Majah)

@ Barang siapa bersabar ketika terkena rabun mata,maka Allah akan mengganti ke 2 matanya disurga kelak.(Bukhori)
@ Jangan memasuki kampung yang terkena wabah penyakit dan jangan keluar dari kampung yang terkena wabah penyakit.(Bukhori,Muslim).

>>> BEROBAT

@ tiap penyakit telah Allah turunkan obatnya,kecuali penyakit Usia tua.(Abu Dawud).* Maka disunnahkan berikhtiyar dengan berobat bila terkena penyakit.(Abu Dawud,Tirmidzi,Ibnu Majah,Nasai)

@ Haram berobat dengan mengunakan mantera/jampi2 yang mengandung kemusyrikan.(Muslim).* Boleh berobat dengan menggunakan jampi untuk penyakit mata,terpatuk binatang berbisa,atau luka yang darahnya mengalir terus. Dan boleh membaca mantera sambil mengusap telapak tangan ditempat sakit dengan membaca kalimat :
BISMILLAH 3X,A'UUDZU BI'IZZATILLAHI WA QUDROTIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA AHAADZIR.

"Dengan nama Allah 3x,aku berlindung dengan Zat Allah,dan kuasaNYA dari kejahatan." 7x,kemudian hembuskan.(Bukhori Muslimin).

>>> AJARAN DALAM BEROBAT

.@ Doa yang hendaknya selalu dibaca ketika merasa sakit :

ALLAHUMMA ROBBAN NAASI, ADZHIBIL BA'SAA A ISYFI ANTASY SYAAFII,LAA SYIFAA UN ILLAA SYIFAAUKA SYIFAA AN,LAA YUGHOODIRU SAQOMA.

"Lenyapkanlah kesakitan wahai Robb manusia. Sembuhkanlah,hanya Engkau yang dapat menyembuhkan,tiada kesembuhan kecuali kesembuhan dariMU. Kesembuhan yang tidak menyisakan penyakit."(Abu Dawud,Ibnu Majah)

@ Barang siapa bersabar ketika terkena rabun mata,maka Allah akan mengganti ke 2 matanya disurga kelak.(Bukhori)
@ Jangan memasuki kampung yang terkena wabah penyakit dan jangan keluar dari kampung yang terkena wabah penyakit.(Bukhori,Muslim)

>>> BEROBAT

@ Tiap penyakit didatangkan ,telah Allah turunkan obatnya,kecuali Usia tua.(Abu Dawud).* Maka disunnahkan berikhtiyar dengan berobat bila terkena penyakit.(Abu Dawud,Tirmidzi,Ibnu Majah,Nasai)

@ Haram berobat dengan menggunakan mantra atau jampi2 yang mengandung kemusyrikan.(Muslim).* Boleh berobat menggunakan jampi untuk penyakit mata,patukan binatang berbisa,atau luka yang darahnya terus mengalir. Dan boleh membaca mantera sambil mengusap telapak tangan ditempat yang sakit dengan kalimat :

BISMILLAH 3X,A'UUDZU BI'IZZATILLAHI WA QUDROTIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA AHAADZIRU.

"Dengan nama Allah 3x,aku berlindung dengan Dzat Allah,dan kuasaNYA dari kejahatan." 7x . Kemudian hembuskan. (Bukhori,Muslim)

>>> ANJURAN DALAM BEROBAT

@ Berobat dengan shalat.(Alqur'an-Ibnu Majah)

@ Berobat dengan madu. Disunnahkan minum madu minimal 3x sebulan tiap pagi. Insyaa Allah akan dijauhkan dari berbagai penyakit.(Alqur'an-Ibnu Majah).* Madu terutamanya adalah obat sakit perut.(Bukhori)

@ Berobat dengan Alqur'an,terutama membaca surat Alfatihah,kemudian dihembuskan ke tempat yang sakit.(Bukhori,Muslim,Tirmidzi,Nasai)

@ Berobat dengan bekam.(Bukhori,Muslim,Abu Dawud,Ibnu Majah).* Keuntungan adalah, 1. Menguatkan daya ingat,2. Menambah daya akal,3. Mencerahkan pandangan,4. Menghilangkan darah kotor,5. Meringankan tulang punggung,6. Menghidupkan sunnah.(Ibnu Majah)

= Bagian tubuh yang dapat dilakukan bekam, 1. Kepala, 2. Antara dua bahu, 3. Urat bagian samping leher.(Tirmidzi,Ibnu Majah).* Dibolehkan juga dibagian2 tubuh lainya yang terasa sakit.
= Waktu2 berbekam agar mujarab,yaitu tgl 17,19,21,pada tiap bulanya.(Abu Dawud)

= Hari2 yang baik untuk berbekam,yaitu Senin,Selasa,Kamis. Dan jangan berbekam pada hari Rabu,Jumat,Sabtu,Ahad.(Ibnu Majah)

= Lebih utama bekam sebelum makan dan minum.(Ibnu Majah)

= Jangan membekam orang jompo / anak kecil.(Ibnu Majah)

@ Berobat dengan Habbatus Sauda (Jinten hitam,5 atau 7 butir yang ditumbuk hingga halus,lalu dicampurkan dengan sedikit minyak Zaitun). (Ibnu Majah)
@ Berobat dengan doa. Bacaan yang melindungi dari sengatan binatang berbisa :

A'UUDZU BIKALIMAATILLAHIT TAAMMAATI MIN SYARI MAA KHOLAQ.

"Aku berlindung dengan kalimat2 Allah yang sempurna dari kejahatan mahlukNYA."(Bukhori,Muslim)

@ Berobat dengan tetes hidung.(Bukhori,Muslim)

@ Berobat dengan kayu Garu,sebagai obat radang tenggorokan dan radang selaput dada.(Bukhori,Muslim)
@ Berobat dengan jamur,untuk obat sakit mata. Dan berobat dengan rendaman kurma untuk obat penyakit gila dan penyembuh racun.(Ibnu Majah)

@ Berobat dengan daging ekor kambing Kibasy yang dicairkan,untuk obat luka bakar atau cacar air,lalu dibagi jadi 3 bagian,kemudian tiap hari 1 bagian.(Ibnu Majah)

@ Berobat dengan kunyit,kayu Garu,minyak Zaitun,kemudian digosokan,untuk obat sakit tulang rusuk.(Ibnu Majah)

@ Berobat dengan kompres untuk sakit panas (demam). (Muttafaqun 'alaih)

@ Berobat dengan makan mentimun dan kurma,agar bisa gemuk.(Nasai)

>>> YANG DILARANG DALAM BEROBAT

@ tidak boleg berobat dengan bersulut api atau dibakar.(Tirmidzi,Abu Dawud)

@ Jangan berobat dengan obat2an yang kotor dan beracun. Obat disebut kotor disebabkan 2 hal,yaitu karena najisnya dan karena rasanya,seperti air kencing,dan sejenisnya.(Tirmidzi,Abu Dawud,Ibnu Majah)

@ Diharamkan berobat dengan menggunakan kodok.(Nasai)

@ Haram berobat dengan racun,karena peminumnya akan meminumnya juga di Neraka kelak. (Bukhori,Muslim,Tirmidzi,Nasai)

@ Jangan berobat dengan sesuatu yang haram.(Abu Dawud).* Seperti Najis,arak,babi,minyak babi,dll.

@ Haram berobat dengan menggunakan jimat,mantera,dan guna2,yang tidak ada tuntunanya. Perbuatan tersebut termasuk syirik. Walau sembuh itu hanya permainan syetan.(Abu Dawud,Ibnu Majah)

@ Haram mempercayai ramalan ahli nujum. Walau hanya mempercayai tukang ramal,akan membuat amal ibadah tidak diterima Allah selama 40 hari 40 malam. Apalagi mengamalkan ucapanya.(Bukhori,Muslim,Nasai)

@ Haram berobat ke dukun,dan paranormal.(Tirmidzi,Nasai,Ibnu Majah)

***


ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين